Latar Belakang Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan

Latar Belakang
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, kenapa demikian karena dengan pendidikan manusia dapat menunjang masa depan dengan baik dan terarah. Dalam hal pendidikan guru berperan penting dalam proses pelaksanaannya, guru dituntut agar lebih kreatif dan memahami strategi, metode dan cara apa yang patut digunakan dalam proses belajar mengajar, agar siswa dapat memahami dan menangkap materi dengan baik. Terwujudnya sebuah tujuan pembelajaran tergantung oleh guru yang menyampaikan materi dimana guru harus mampu membuat design pembelajaran yang menarik agar tidak membosankan dan juga tergantung oleh murid yang menerima materi apakah mampu menerima dengan baik yang disampaiakan oleh guru.
Upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan selalu di utamakan terutama pendidikan matematika yang terus menerus ditingkatkan secara konvesional dan inovatif seperti pembelajaran menggunakan alat atau media agar siswa tidak berfikir bahwa matematika merupakan ilmu abstrak. Adapun yang dimaksud media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas, lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Jadi dapat dilihat dari pernyataan diatas bahwa media alat yang dapat dipegang dan dilihat secara detil sehingga siswa dapat secara jelas materi yang disampaikan. Media belajar itu diperlukan oleh guru agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Kegunaan secara umum media pembelajaran ini agar lebih efektif karena siswa dapat secara utuh melihat bagian-bagian yang dimaksud. Misal rusuk kubus dan sisi-sisi kubus yang dapat disentuh secara konkret.

Dalam hal ini ada permasalahan sebagian besar anak menganggap mata pelajaran matematika sebagai musuh dalam berfikir, karena dianggap sulit dalam memecahkannya. Menurut Sumaji banyak siswa yang merasa bosan, tidak tertarik bahkan benci terhadap mata pelajaran matematika karena matematika itu diajarkan dengan kurang tepat, misalnya hanya sekumpulan rumus dan angka serta cara-cara atau langkah-langkah yang dihafalkan dan siap untuk menyelesaikan soal-soal. Padahal sebenarnya matematika harus dan wajib dipahami karena matematika adalah rumus pasti yang akan digunakan kejenjang berikutnya, serta digunakan kedalam kehidupan sehari-hari misal memecahkan persoalan ekonomi dan masyarakat yang berbau matematis.
Telah kita lihat dari alasan diatas sebenarnya kenapa dan ada apa dengan mata pelajaran matematika sehingga siswa sulit memahami dan mencerna matematika diamana letak masalahnya apakah guru yang salah menempatkan metode, strategi ataupun cara penyampaian yang kurang tepat. Ataukah murid yang kurang memeperhatika saat proses pembelajaran berlangsung, oleh karena itu penulis ingin mencoba menawarkan sebuah solusi agar siswa dengan mudah mencerna matematika yang dianggap sulit, berhubungan dengan solusi yang penulis berikan maka penulis mengangkat judul “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP 04 Mesuji”